Judul
: Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Mekarsari
Nama
: Dohot Persadaan Pangihuta
Tahun
: 2010
Tema
: Kepuasan Konsumen
Latar
Belakang
Perkembangan perekonomian memegang peranan penting
dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Seirng dengan pertumbuhan
ekonomi yang maju dan berkembang berbentuk usaha eceran yang mengalami
perkembangan yang cukup pesat adalah Supermarket dan Departement store. Hampir
di setiap Ibu Kota Propinsi dan kota – kota besar lainnya bermunculan pasar
swalayan dan Departement store dengan berbagai fasilitas dan pelayanan semakin
lengkap untuk menghadapai persaingan ini dan agar tetap ramai di kunjungi
konsumen, maka pasar swalayan harus melakukan berbagai jenis upaya dalam
kegiatan pemasyarakatan.
Metode
Penelitian
- Obyek penelitian
Dalam penelitian ilmiah ini penulis memilih objek
penelitian para konsumen pada Lemon Grass di Food Court Depok Town Square.
2. Data / Variabel
Data yang digunakan oleh penulis adalah data primer.
Data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung
dari sumber asli (tidak melalui media perantara). Data primer dalam penelitian
ini diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada konsumen Lemon Grass.
3. Pengumpulan data / variabel
- Wawancara yaitu dengan mendatangi dan memberikan pertanyaan kepada pelanggan.
- Kuesioner yaitu dengan membagikan kertas yang berisi tentang pertanyaan – pertanyaan.
Manfaat
Penelitian
- Bagi perusahaan sebagai masukan yang lebih baik kepada perusahaan dalam melaksanakan keputusan – keputusan pemasaran dan dalam menentukan kebijakan perusahaan selanjutnya agar menjadi lebih baik.
- Bagi penulis untuk menambah pengetahuaan serta memperluas wawasan dan bahan perbandingan penelitian selanjutnya.
Masalah :
Hal – hal
apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam memilih alfamart mekarsari untuk
belanja ?
Tujuan :
Untuk
mengetahui hal – hal atau atribut – atribut apa saja yang
mempengaruhi konsumen dalam memilih alfamart mekarsari dalam belanja.
Hipotesis :
Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan yang
diberikan alfamart sawangan Depok.
Konsumen
merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart sawangan Depok.
Hasil dan
Analisis :
Berdasarkan hasil kuesioner yang di peroleh dari 50
responden dengan menggunakan skala likert dari faktor-faktor ketersediaan
produk menyatakan sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 29 responden atau
58%, netral 8 responden atau 16%, tidak setuju 2 responden atau 4%, sangat
tidak setuju 0 responden.Berdasarkan harga produk sangat setuju 6 responden
atau 12%, setuju 11 responden atau 22%, netral 16 responden atau 32%, tidak
setuju 17 responden atau 34%, sangat tidak setuju 0 responden. Berdasarkan
adanya promo discount sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 16 responden
atau 32%, netral 15 responden atau 30%, tidak setuju 8 responden atau 16%,
sangat tidak setuju 0 responden. Berdasarkan keramahan petugas ketika pembeli
hendak masuk dan keluar pintu sangat setuju 5 responden atau 10%, setuju 24
responden atau 48%, netral 13 responden atau 26%, tidak setuju 7 responden atau
14%, sangat tidak setuju 1 responden atau 2%. Berdasarkan lokasi sangat setuju
16 responden atau 32%, setuju 28 responden atau 56%, netral 6 responden atau
12%, tidak setuju 0 responden, sangat tidak setuju 0 responden.
Analisis :
Berdasarkan analisis pembahasan yang dilakukan dengan
metode skala likert diperoleh adalah konsumen menyatakan setuju terhadap
pelayanan yang di terapkan pada mini market Alfamart. Dengan menggunakan skala
likert diperoleh jumlah keseluruhan dengan rata –rata nilai 182,58 dengan
kategori setuju.
Rekomendasi
:
- Pelayanan pada alfamart sebaiknya ditambahkan dengan fasilitas pesan belanja melalui telpon agar tidak kalah dengan pesaing dan memper mudah pembelanjaan bagi konsumen.
- Persediaan barang pada alfamart agar dapat disajikan lebih lengkap agar apa yang diinginkan konsumen pada saat mencarinya di alfamart dapat dipenuhi dan konsumen tidak kecewa saat mengunjunginya.
Sumber : http://library.gunadarma.ac.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar