BAB I
PENDAHULUAN
Latar
belakang
Fenomena :
Pada abad 21 era teknologi semakin memberikan akses
kemudahan bagi manusia. Manusia pada dasarnya juga menginginkan perubahan
teknologi tersebut untuk memberikan kemudahan dalam proses pemenuhan kebutuhan
terutama kebutuhan primer dan sekunder dimana mereka hanya perlu mencarinya di
dalam satu tempat lalu mengambil serta membayarnya dengan cepat hanya dalam
satu tempat saja.
Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang maju dan
berkembang berbentuk usaha eceran yang mengalami perkembangan yang cukup pesat
adalah Supermarket dan Departement Store. Hampir di setiap Ibu Kota Propinsi
dan kota – kota besar lainnya bermunculan Pasar Swalayan dan Departement store
dengan berbagai fasilitas dan pelayanan semakin lengkap untuk menghadapai
persaingan ini dan agar tetap ramai di kunjungi konsumen. Maka perusahaan harus
melakukan banyak cara untuk menarik minat calon konsumen maupun konsumen yang
setia.
Dengan cara memberikan ciri – ciri produk maka
konsumen lebih cepat ingat dengan produk tersebut, juga memberikan harga
dan kualitas yang terjamin. Dalam hal ini tentu saja strategi pemasaran yang
baik harus di gunakan oleh mini market tersebut dimana kepuasan konsumen
haruslah termasuk ke dalam salah satu indicator keberhasilan penjualan mereka,
maka penulis mencoba mengambil judul dari penelitian ini dengan judul “
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN ALFA MART BULAK MACAN BEKASI “
Riset
terdahulu :
Di
lakukannya penelitian faktor – faktor yang mempengaruhi orang – orang merasa
puas terhadap pelayanan mini market alfa mart.
-
Sri Rahayu Ningsih (2011)
Kehandalan , daya tangkap, kepastian, perhatian,
bukti wujud (bukti fisik)
-
Menurut Ade Rachmawati Nurfitri (2011)
Ketersediaan produk, harga produk, adanya promo
discount, keramahan petugas, lokasi sangat terjangkau
-
Menurut Dohot persadaan pangihuta (2010)
Ketersediaan produk, harga produk, adanya promo
discount, keramahan petugas, lokasi sangat terjangkau
Ketersediaan
produk menyatakan sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 29 responden atau
58%, netral 8 responden atau 16%, tidak setuju 2 responden atau 4%, sangat
tidak setuju 0 responden.
Harga produk
sangat setuju 6 responden atau 12%, setuju 11 responden atau 22%, netral 16
responden atau 32%, tidak setuju 17 responden atau 34%, sangat tidak setuju 0
responden.
Adanya promo
discount sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 16 responden atau 32%,
netral 15 responden atau 30%, tidak setuju 8 responden atau 16%, sangat tidak
setuju 0 responden.
Lokasi
sangat setuju 16 responden atau 32%, setuju 28 responden atau 56%, netral 6
responden atau 12%, tidak setuju 0 responden, sangat tidak setuju 0 responden.
Motivasi
penelitian :
-
Berdasarkan fenomena dan riset terdahulu dari Sri Rahayu Ningsih (2011),
Menurut Ade Rachmawati Nurfitri (2011), Menurut Dohot persadaan pangihuta
(2010) serta rekomendasi penelitian langkah dari Sri Rahayu Ningsih (2011),
Menurut Ade Rachmawati Nurfitri (2011), Menurut Dohot persadaan pangihuta
(2010) maka penelitian dalam mengkaji faktor – faktor yang mempengaruhi
kepuasan konsumen merupakan motivasi penelitian ini dengan judul “ ANALISIS
TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN ALFAMART BULAK MACAN BEKASI “
Masalah :
Dari uraian
di atas maka permasalahan permasalahan yang dapat di rumuskan adalah
sebagai berikut : Berapa besarkah tingkat kepuasan konsumen mini market alfamart
yang berada di bulak macan Bekasi untuk berbelanja ?
Kemampuan
alfa mart dalam memberikan pelayanan bagi para konsumen terhadap barang,
kualitas barang, fasilitas tempat, serta pelayanan pegawai alfa mart.
Tujuan
Peneliti :
- Memberi gambaran singkat perusahaan tentang pelayanan yang diberikan alfamart terhadap konsumen apakah telah memuaskan konsumennya.
- Untuk mengetahui hal – hal atau atribut – atribut apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam memilih alfamart dalam belanja.
- Untuk alat perbandingan peneliti selanjutnya.
- Untuk perusahaan sebagai alat ukur kepuasan konsumen dalam berbelanja.
Pustaka :
Rahayu, Sri
Ningsih. (2011). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN
INDOMARET TERWARALABA SEKAR NARESWARI CIBUBUR
Rachmawati,
Ade Nurfitri. (2011). Analisis Manajemen Pelayanan Mini Market dalam
Peningkatan Kualitas Pelayanan Kepada Konsumen (Sawangan –Depok)
Persadaan,
Dohot pangihuta.(2010). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Alfa Mart
Mekarsari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar