Judul
: Analisis Manajemen Pelayanan Mini Market dalam peningkatan kualitas
pelayanan kepada konsumen (Sawangan – Depok )
Nama
: Ade Rachmawati Nurfitri
Tahun
: 2011
Tema
: Kepuasan Konsumen
Latar
Belakang
Pelayanan yang dilakukan perusahaan kepada konsumen merupakan
faktor yang sangat penting dalam mengembangkan perusahaan sekaligus
mempertahankan konsumen yang ada. Hal tersebut harus dilakukan perusahaan ,baik
perusahaan sekala kecil, menengah dan perusahaan besar. Perusahaan menghendaki
konsumen tetap setia kepada perusahaan untuk jangka panjang. Dan untuk itu
perusahaan harus memfokoskan setiap keputusan dan tindakan yang dilakukan
adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Maka perusahaan harus
melalukan banyak cara untuk menarik minat calon konsumen maupun konsumen yang
setia.
Metode
Penelitian
- Sekala likert. Sekala likert adalah pengujian yang memungkin kan responden menjawab dalam berbagai tingkatan pada sebuah butir pertanyaan.
- Analisa skala likert di gunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumenterhadap pelayanan alfamart, dengan memilih salah satu pilihan jawaban.
Kategori
penilain dan besar bobot
Keterangan
|
Bobot
|
Sangat Setuju
|
5
|
Setuju
|
4
|
Netral
|
3
|
Tidak Setuju
|
2
|
Sangat Tidak Setuju
|
1
|
- Rumus yang di gunakan dalam skala likert :
- Hasil = ( Jumlah sktor * jumlah sempel ) / jumlah pertanyaan
- Jarak = nilai tertinggi – nilai terendah
- Interval = jarak / banyak kelas
Manfaat
Penelitian
- Pengukuran dapat di jadikan dasar untuk menentukan standar kinerja, yang dapat mengarahkan perusahaan terhadap peningkatan mutu dan kepuasan konsumen
- Agar dapat memotivasi untuk meningkatkan produktivitas
- Memberikan umpan balik kepada perusahaan
Masalah :
Apakah alfamart ada faktor ketersediaan produk, waktu
buka dan tutup, keramahan petugas, lokasi, kenyamanan, adanya promo discount
yang dapat memberikan pelayanan kepuasan kedada konsumen.
Tujuan :
Agar mengetahui apakah konsumen setuju terhadap
pelayanan yang di terapkan di alfamart sawangan Depok.
Hipotesis :
Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan yang
diberikan alfamart sawangan Depok.
Konsumen
merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart sawangan Depok.
Hasil dan
Analisis :
Berdasarkan hasil kuesioner yang di peroleh dari 50
responden dengan menggunakan skala likert dari faktor-faktor ketersediaan
produk menyatakan sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 29 responden atau
58%, netral 8 responden atau 16%, tidak setuju 2 responden atau 4%, sangat
tidak setuju 0 responden.Berdasarkan harga produk sangat setuju 6 responden
atau 12%, setuju 11 responden atau 22%, netral 16 responden atau 32%, tidak
setuju 17 responden atau 34%, sangat tidak setuju 0 responden. Berdasarkan
adanya promo discount sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 16 responden
atau 32%, netral 15 responden atau 30%, tidak setuju 8 responden atau 16%,
sangat tidak setuju 0 responden. Berdasarkan keramahan petugas ketika pembeli
hendak masuk dan keluar pintu sangat setuju 5 responden atau 10%, setuju 24
responden atau 48%, netral 13 responden atau 26%, tidak setuju 7 responden atau
14%, sangat tidak setuju 1 responden atau 2%. Berdasarkan lokasi sangat setuju
16 responden atau 32%, setuju 28 responden atau 56%, netral 6 responden atau
12%, tidak setuju 0 responden, sangat tidak setuju 0 responden.
Analisis :
Berdasarkan analisis pembahasan yang dilakukan dengan
metode skala likert diperoleh adalah konsumen menyatakan setuju terhadap
pelayanan yang di terapkan pada mini market Alfamart. Dengan menggunakan skala
likert diperoleh jumlah keseluruhan dengan rata –rata nilai 182,58 dengan
kategori setuju.
Rekomendasi
:
- Pelayanan pada alfamart sebaiknya ditambahkan dengan fasilitas pesan belanja melalui telpon agar tidak kalah dengan pesaing dan memper mudah pembelanjaan bagi konsumen.
- Persediaan barang pada alfamart agar dapat disajikan lebih lengkap agar apa yang diinginkan konsumen pada saat mencarinya di alfamart dapat dipenuhi dan konsumen tidak kecewa saat mengunjunginya.
Sumber :
majalah UG Jurnal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar