Judul
: Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Alfamart Tebet
Nama
: Appandy Zarkasie
Tahun
: 2011
Tema
: Kepuasan Konsumen
Latar Belakang
Pada abad 21 era teknologi semakin memberikan akses
kemudahan bagi manusia. Manusia pada dasarnya juga menginginkan perubahan
teknologi tersebut untuk memberikan kemudahan dalam proses pemenuhan kebutuhan
terutama kebutuhan primer dan sekunder dimana mereka hanya perlu mencarinya di
dalam satu tempat lalu mengambil serta membayarnya dengan cepat hanya dalam
satu tempat saja. Oleh karena itu di zaman sekarangini para pelaku bisnis
banyak yang mendirikan tempat belanja yang kita kenal dengan mini market salah
satunya adalah alfamart. Di Indonesia sendiri persaingan tempat belanja
sangatlah ketat sehingga pelaku bisnis harus bisa memberikan kepuasan kepada
konsumen dalam memenuhi kebutuhan mereka.
Metode
Penelitian
- Study lapangan dengan wawancara langsung dan pengamatan langsung di tempat penelitian serta memberikan kuesioner
- Study kepuasan mencari sumber – sumber mengenai bahasan ini melalui buku-buku yang menyangkut penelitian ilmiah ini
- Analisis memakai metode koefisienen korelasi berdasarkan hasil yang diperoleh dari jawaban yang di berikan oleh responden
Manfaat
Penelitian
Agar mahasiswa yang lain dapat mengetahui dan
menerapkan pengetahuan yang diperoleh di perguruan tinggi serta menambah
wawasan secara lebih mendalam mengenai topic yang di bahas. Secara langsung
alfamart agar dapat lebih meningkatkan pelayanan terhadap konsumen.
Masalah :
Kemampuan alfamart dalam memberikan pelayanannya bagi
kepuasan para konsumen terhadap harga barang , kualitas barang, fasilitas
tempat, serta pelayanan pegawai alfamart.
Tujuan :
Memberi gambaran singkat perusahaantentang pelayanan
yang diberikan alfamart terhadap konsumen apakah telah memuaskan konsumennya.
Hipotesis :
Ho :
Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart Tebet.
Ha :
Konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart Tebet.
Alat
Analisis Yang Digunakan
Adapun cara yang penulis gunakan untuk menganalsis
data yaitu dengan menggunakan Skala Likert dan Metode Chi Square.
Hasil dan
Kesimpulan :
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan
konsumen terhadap alfamart Tebet berdasarkan analisis dari kelima
dimensi, dimensi kehandalan mempunyai X2 hitung = 106,85, dimensi
daya tangkap mempunyai X2 hitung = 48,72, dimensi kepastian X2
hitung = 50,64, dimensi perhatian mempunyai X2 hitung 56,88, dan dimensi
bukti wujud dengan X2 hitung = 107,32.
Analisis :
Yang dilakukan terhadap kualitas pelayanan terlihat
baik, ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan Chi Square X2
hitung = 342,885 yang berarti Terima Ha, begitu juga dengan hasil perhitungan
dengan menggunakan Skala Likert sama yaitu Terima Ha. Ini berarti konsumen
secara umum telah merasa puas dilihat dari tingkat kepuasan konsumen terhadap
pelayanan yang diberikan dengan melihat 5 dimensi yaitu dimensi kehandalan,
daya tangkap, kepastian, perhatian, dan bukti fisik yang ada. Dengan memiliki
tingkat kesesuaian lebih dari 90% (95,18%). Sehingga pelayanan yang diberikan
secara umum sesuai dengan harapan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar