Sabtu, 24 November 2012

METODE RISET

JURNAL 1


Judul                : Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Alfamart Tebet
Nama              : Appandy Zarkasie
Tahun              : 2011
Tema               : Kepuasan Konsumen

Latar Belakang

Pada abad 21 era teknologi semakin memberikan akses kemudahan bagi manusia. Manusia pada dasarnya juga menginginkan perubahan teknologi tersebut untuk memberikan kemudahan dalam proses pemenuhan kebutuhan terutama kebutuhan primer dan sekunder dimana mereka hanya perlu mencarinya di dalam satu tempat lalu mengambil serta membayarnya dengan cepat hanya dalam satu tempat saja. Oleh karena itu di zaman sekarangini para pelaku bisnis banyak yang mendirikan tempat belanja yang kita kenal dengan mini market salah satunya adalah alfamart. Di Indonesia sendiri persaingan tempat belanja sangatlah ketat sehingga pelaku bisnis harus bisa memberikan kepuasan kepada konsumen  dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Metode Penelitian

  1. Study lapangan dengan wawancara langsung dan pengamatan langsung di tempat penelitian serta memberikan kuesioner
  2. Study kepuasan mencari sumber – sumber mengenai bahasan ini melalui buku-buku yang menyangkut penelitian ilmiah ini
  3. Analisis memakai metode koefisienen korelasi berdasarkan hasil yang diperoleh dari jawaban yang di berikan oleh responden

Manfaat Penelitian

Agar mahasiswa yang lain dapat mengetahui dan menerapkan pengetahuan yang diperoleh di perguruan tinggi serta menambah wawasan secara lebih mendalam mengenai topic yang di bahas. Secara langsung alfamart agar dapat lebih meningkatkan pelayanan terhadap konsumen.

Masalah :

Kemampuan alfamart dalam memberikan pelayanannya bagi kepuasan para konsumen terhadap harga barang , kualitas barang, fasilitas tempat, serta pelayanan pegawai alfamart.

Tujuan :

Memberi gambaran singkat perusahaantentang pelayanan yang diberikan alfamart terhadap konsumen apakah telah memuaskan konsumennya.

Hipotesis :

Ho : Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart Tebet.
Ha : Konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart Tebet.

Alat Analisis Yang Digunakan

Adapun cara yang penulis gunakan untuk menganalsis data yaitu dengan menggunakan Skala Likert dan Metode Chi Square.

Hasil dan Kesimpulan :

Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap alfamart Tebet  berdasarkan analisis dari kelima dimensi, dimensi kehandalan mempunyai X2 hitung = 106,85, dimensi daya tangkap mempunyai X2 hitung = 48,72, dimensi kepastian X2 hitung = 50,64, dimensi perhatian mempunyai X2 hitung 56,88, dan dimensi bukti wujud dengan X2 hitung = 107,32.

Analisis :

Yang dilakukan terhadap kualitas pelayanan terlihat baik, ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan Chi Square X2 hitung = 342,885 yang berarti Terima Ha, begitu juga dengan hasil perhitungan dengan menggunakan Skala Likert sama yaitu Terima Ha. Ini berarti konsumen secara umum telah merasa puas dilihat dari tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan dengan melihat 5 dimensi yaitu dimensi kehandalan, daya tangkap, kepastian, perhatian, dan bukti fisik yang ada. Dengan memiliki tingkat kesesuaian lebih dari 90% (95,18%). Sehingga pelayanan yang diberikan secara umum sesuai dengan harapan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar