Bab III
Metodologi
3.1. Metode
Penelitian (jenis penelitian)
Metode penelitian yang
penulis gunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang
dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada,
yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan.
Penelitian deskriptif tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu tetapi
hanya menggambarkan apa adanya tentang gejala, variabel, atau keadaan
yang ada.
3.2. Waktu dan
tempat
Berdasarkan penelitian waktu dan
tempat yang di lakukan yaitu :
-
Alfamart karena mini market yang paling banyak tersebar di berbagi lokasi.
-
Alfamart Bekasi karena paling banyak dan salah satu pusat keramaian
penduduknya.
-
Sabtu dan Minggu karena pada hari tersebut orang-orang yang beraktifitas sperti
orang bekerja sebagian besar libur dan menghabiskan waktu bersama keluarganya
salah satunya berbelanja keperluan sehari-hari.
-
Jam 1600 – 2100 karena waktu tersebut rata-rata
orang berbelanja karena suasana alamnya sudah tidak panas.
-
Ibu-ibu, Bapak-bapak, Anak Remaja di pilih secara random.
3.3. Populasi dan
sampel
Populasi yang di ambil 50
responden dari hasil random yaitu dari berbagai tempat tinggalnya
karena di ambil sampel random.
3.4. Teknik
Pengumpulan Data
1. Obyek penelitian
Dalam penelitian
ilmiah ini penulis memilih objek penelitian para konsumen pada Alfamart Bekasi
Utara.
2. Data / Variabel
Data yang
digunakan oleh penulis adalah data primer. Data primer merupakan sumber data
penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalui media
perantara). Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebar
kuesioner kepada konsumen Alfamart Bekasi.
3. Pengumpulan data / variabel
1. Wawancara yaitu dengan mendatangi dan
memberikan pertanyaan kepada pelanggan.
2. Kuesioner yaitu dengan membagikan kertas yang
berisi tentang pertanyaan – pertanyaan.
4. Analisa skala likert
Di gunakanuntuk
mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan Alfamart, dengan
memilih salah satu pilihan jawaban. Sekala likert merupakan skala yang
memberikan sekor 1-5, untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap
serangkaian pada kuesioner.
Reset terdahulu
Di lakukannya penelitian faktor –
faktor yang mempengaruhi orang – orang merasa puas terhadap pelayanan mini
market. Ketersediaan produk, harga produk, adanya promo discount, keramahan
petugas, lokasi sangat terjangkau.
Kategori
penilain dan besar bobot
Keterangan
|
Bobot
|
Sangt Setuju
|
5
|
Setuju
|
4
|
Netral
|
3
|
Tidak Setuju
|
2
|
Sangt Tidak Setuju
|
1
|
Rumus yang di
gunakan dalam skala likert :
1. Hasil = ( Jumlah sktor * jumlah sempel ) /
jumlah pertanyaan
2. Jarak = nilai tertinggi – nilai terendah
3. Interval = jarak / banyak kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar