Selasa, 23 Oktober 2012

METODE RISET TEMA


Tema : Kepuasan Konsumen

Berdasarkan tema di atas, penulis ingin menganalisis tingkat kepuasan konsumen pada Alfamart yang berada di 3 daerah yang berbeda. Darisitu penulis ingin mengetahui hal-hal apa sajakah yang menjadi pertimbangan konsumen untuk mengambil keputusan dalam menjadikan Alfamart menjadi salah satu tempat minimarket yang dituju untuk memenuhui kebutuhan sehari-hari.

METODE RISET LATAR BELAKANG

Latar Belakang

Perkembangan pasar perusahaan penyediaan alat kosmetik khususnya untuk wanita di Indonesia semakin beragam dalam berbagai merk dan kelebihan dari produk tersebut, seperti memutihkan wajah, membuat wajah lebih muda, mengurangi noda hitam, dan sebagainya. Dan hal itu akan membawa dampak yang cukup komplek untuk perusahaan itu sendiri, diantaranya adalah masalah bahan kosmetik yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya seperti campuran antara hydrocinon dan mercury, yang dampaknya akan merusak wajah, penyakit kulit bahkan menyebabkan kematian.
Melihat kondisi ini banyak perusahaan yang berusaha memanfaatkan peluang untuk memproduksi alat kosmetik dengan khasiat yang menjanjikan namun dengan menggunakan merk lain seperti Pond’s, Olay, Garnier, Sariayu, dan sebagainya.
Dari kondisi tersebut dan semakin tingginya tingkat pendidikan dan kesadaran masyarakat terhadap kesahatan wajah khususnya untuk wanita, maka membawa pengaruh terhadap perilaku konsumen terhadap pembeliaan alat kosmetik, disamping itu konsumen bebas memilih produk dan jenis dari alat kosmetik yang diinginkan.
Untuk itu produsen memerlukan strategi dengan tujuan mencapai keunggulan bersaing dan memerlukan informasi-informasi tentang factor-yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk.

Senin, 22 Oktober 2012

METODE RISET ANALISIS JURNAL 1

JURNAL 1

Judul : Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Kosmetik Pond’s di Malang
Pengarang : Murtioso Heri
Tahun : 2009

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Ponds Facial foam. Penelitian ini mempunyai 2 variabel, yaitu variabel independen (X) yang terdiri dari Merek (X1), Kualitas (X2), Kemasan (X3), Label (X4), dan Harga (X5), dan variabel dependen (Y) Keputusan Pembelian.
            Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Sastra Program Studi Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Malang, data diperoleh dengan menggunakan teknik kuesioner tertutup. Populasi dapat diketahui jumlahnya dengan menggunakan rumus Solvin, dari situ jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 60 orang.
Setelah dilakukan proses pengolahan data dan analisis regresi berganda diketahui hasil penelitian menyatakan (1) Merek, dari hasil analisis data diperoleh nilai 1 = 0,261; t hitung = 2,418; signifikan t = 0,019. Hal ini menunjukkan Merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) kualitas, dari hasil analisis data diperoleh 2 = 0,223; nilai t = 2,071; signifikan t = 0,043. Hal ini menunjukkan kualitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) Kemasan, dari hasil analisis data diperoleh 3 = 0,054; nilai t = 0, 420; signifikan t = 0,676. Hal ini menunjukkan Kemasan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) Label, dari hasil analisis data diperoleh 4 = 0,257; nilai t = 2,046; signifikan t = 0,046. Hal ini menunjukkan label berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (5) Harga, dari hasil analisis data diperoleh 5 = 0,314; nilai t = 2,765; signifikan t = 0,008. Hal ini menunjukkan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
            Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan secara parsial terdapat 4 variabel yang menunjukkan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu Merek, Kualitas, label dan Harga, sedangkan variabel Kemasan menunjukkan berpengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan Merek, Kualitas, Kemasan, Label, dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

 Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang telah diperoleh adalah :
 (1) Sebaiknya perusahaan selalu memperhatikan harga produk Ponds facial foam, hal tersebut didasarkan atas hasil temuan dari penelitian ini dimana variabel harga mempunyai pengaruh yang tinggi dalam penelitian ini, tetapi perusahaan juga tidak boleh mengesampingkan atribut-atribut lainnya dalam membuat produk diantaranya kualitas dll
(2) Dikarenakan persaingan dalam memasarkan suatu produk sangat ketat, sebaiknya perusahaan lebih memperhatikan kemasan agar nantinya kemasan lebih dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.

METODE RISET ANALISIS JURNAL 2

JURNAL 2

Judul : Pengaruh Kualitas Produk Kosmetik Pond’s PT. Unilever Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada PT. Sanrio Swalayan di Mojokerto
Pengarang : Nisa Fitri Zumrotin
Tahun : 2009

Dalam Dunia yang semakin maju dan terus berkembang, dapat diprediksi bahwa pola hidup masyarakat juga mengalami perubahan yang cukup berarti. Produk kosmetik merupakan salah satu produk yang memiliki beberapa macam merek, jenis, sampai jalur distribusi yang kian lama kian bervariasi. Banyaknya produk kosmetik yang beredar di pasaran dengan keunggulannya masing-masing, membuat posisi persaingan antar merek di pasar menjadi begitu ketat. Hal ini membuat perusahaan kosmetik berlomba-lomba untuk memproduksi kosmetik dengan berbagai keunggulan atau spesifikasi yang berbeda dengan produk perusahaan lainnya untuk dapat menarik minat calon pembeli agar membeli produk yang dihasilkan
 Karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui variabel kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Pond’s pada PT. Sanrio Swalayan Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif
yang dilakukan di PT. Sanrio Swalayan Mojokerto tepatnya di area perkotaan Mojokerto. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan produk Pond’s yang berjumlah 90 orang. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, observasi dan dokumentasi. Sedangakan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi sederhana dengan reliabilitas, validitas dan normalitas data, dan untuk menguji seberapa besar pengaruhnya digunakan uji T.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas yaitu kualitas produk terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung 13,387 t table 1,991 dan nilai signifikannya 0.05. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa t hitung :
13,387 dan t tabel : 1,991 oleh karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pada level signifikan 0,05 sehingga variabel kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Dari hasil penelitian ini bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Karena apabila kualitas produk tidak tercapai maka tidak akan ada keputusan pembelian produk Pond’s. Saran yang dapat diberikan maka hendaknya harus lebih meningkatkan kualitas produk sesuai dengan yang dijanjikan, yaitu mencipatakan suatu produk yang berkualitas agar lebih banyak diminati oleh pelanggan.

METODE RISET ANALISIS JURNAL 3


JURNAL 3
Judul : Pengaruh Produk, harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Pond’s PT. Unilever di Semarang
Pengarang : Qurrotul Uyun
Tahun : 2009

Untuk memenangkan persaingan usaha perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen, misalnya dengan memberikan produk yang mutunya lebih baik, harga yang lebih murah dan memiliki manfaat yang lebih bagi konsumennya. Kegiatan pembelian produk yang dilakukan konsumen melalui beberapa tahap proses pembelian. Sebagaimana pembelian terhadap produk Pond,s, keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh beberapa pertimbangan seperti produk, harga, promosi dan distribusi, maka berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengambil judul “ ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK POND’S PT. UNILEVER (Studi Pada Mahasiswa UNISBANK Semarang ) “ .
Penelitian mengenai variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3), distribusi (X4) serta variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y) mengambil 100 responden dengan taraf signifikan 5%, analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesa dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Persamaan regresi berganda diperoleh Y = 0,375 X1 + 0,266 X2 + 0,241 X3 + 0,340 X4. Berdasarkan persamaan tersebut produk, harga, promosi dan distribusi mempunyai nilai positif yang paling mendominasi pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah produk kemudian distribusi, harga dan promosi. Untuk koefisien determinasi sebesar 62,1% dapat dijelaskan oleh variabel produk, harga, promosi dan distribusi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Sedangkan 37,9% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar variabel yang diteliti misalnya inovasi produk, lingkungan dan pesaing.
Hasil analisis didapat mengenai orang memutuskan membeli produk Pond’s karena : Produk merupakan pengaruh yang terbesar dalam memutuskan untuk membeli Pond’s, karena produk Pond’ menghasilkan wajah tampak lebih putih dan cerah, kualitas produk Pond’s yang lebih baik dibandingkan dengan produk perawatan kecantikan kulit wajah yang sejenis, kemudahan mengajukan klaim atau keluhan tentang produk Pond’s dan kemasan yang memberikan daya tarik kepada konsumen. Harga juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Pond’s karena dapat terjangkau oleh konsumen, terdapat kesesuaian harga dengan manfaat yang diperoleh, harga lebih murah dibandingkan produk perawatan kecantikan kulit wajah yang sejenis dan harga standar dengan produk perawatan kecantikan kulit wajah. Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Pond’s karena dilakukan oleh sales promotion yang menarik, promosi sering muncul di media cetak dan elektronik, promosi dengan bintang iklan yang menarik serta promosi melalui pemberian hadiah yang menarik. Distribusi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Pond’s karena tersedianya produk Pond’s di pasar-pasar kemudian tersedia di supermarket-supermarket, toko dan warung serta kemudahan mendapatkan produk Pond’s di mana-mana. Dari keempat variabel produk, harga, promosi dan distribusi yang berpengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian adalah produk kemudian promosi, distribusi dan harga.