JURNAL
3
Judul
: Pengaruh Produk, harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen Pada Produk Pond’s PT. Unilever di Semarang
Pengarang : Qurrotul Uyun
Tahun : 2009
Untuk
memenangkan persaingan usaha perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada
konsumen, misalnya dengan memberikan produk yang mutunya lebih baik, harga yang
lebih murah dan memiliki manfaat yang lebih bagi konsumennya. Kegiatan
pembelian produk yang dilakukan konsumen melalui beberapa tahap proses
pembelian. Sebagaimana pembelian terhadap produk Pond,s, keputusan pembelian
dapat dipengaruhi oleh beberapa pertimbangan seperti produk, harga, promosi dan
distribusi, maka berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengambil
judul “ ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN DISTRIBUSI TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK POND’S PT. UNILEVER (Studi Pada
Mahasiswa UNISBANK Semarang ) “ .
Penelitian
mengenai variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3), distribusi (X4) serta
variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y) mengambil 100 responden dengan
taraf signifikan 5%, analisis data menggunakan analisis kualitatif dan
kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda,
koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan analisis data
dan uji hipotesa dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Persamaan regresi
berganda diperoleh Y = 0,375 X1 + 0,266 X2 + 0,241 X3 + 0,340 X4. Berdasarkan
persamaan tersebut produk, harga, promosi dan distribusi mempunyai nilai
positif yang paling mendominasi pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah
produk kemudian distribusi, harga dan promosi. Untuk koefisien determinasi sebesar
62,1% dapat dijelaskan oleh variabel produk, harga, promosi dan distribusi
secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Sedangkan 37,9% dijelaskan
oleh sebab-sebab yang lain di luar variabel yang diteliti misalnya inovasi
produk, lingkungan dan pesaing.
Hasil
analisis didapat mengenai orang memutuskan membeli produk Pond’s karena :
Produk merupakan pengaruh yang terbesar dalam memutuskan untuk membeli Pond’s,
karena produk Pond’ menghasilkan wajah tampak lebih putih dan cerah, kualitas
produk Pond’s yang lebih baik dibandingkan dengan produk perawatan kecantikan
kulit wajah yang sejenis, kemudahan mengajukan klaim atau keluhan tentang
produk Pond’s dan kemasan yang memberikan daya tarik kepada konsumen. Harga
juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Pond’s karena dapat
terjangkau oleh konsumen, terdapat kesesuaian harga dengan manfaat yang
diperoleh, harga lebih murah dibandingkan produk perawatan kecantikan kulit
wajah yang sejenis dan harga standar dengan produk perawatan kecantikan kulit
wajah. Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Pond’s karena
dilakukan oleh sales promotion yang menarik, promosi sering muncul di media
cetak dan elektronik, promosi dengan bintang iklan yang menarik serta promosi
melalui pemberian hadiah yang menarik. Distribusi berpengaruh terhadap
keputusan pembelian produk Pond’s karena tersedianya produk Pond’s di
pasar-pasar kemudian tersedia di supermarket-supermarket, toko dan warung serta
kemudahan mendapatkan produk Pond’s di mana-mana. Dari keempat variabel produk,
harga, promosi dan distribusi yang berpengaruh terbesar terhadap keputusan
pembelian adalah produk kemudian promosi, distribusi dan harga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar