Senin, 22 Oktober 2012

METODE RISET ANALISIS JURNAL 3


JURNAL 3
Judul : Pengaruh Produk, harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Pond’s PT. Unilever di Semarang
Pengarang : Qurrotul Uyun
Tahun : 2009

Untuk memenangkan persaingan usaha perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen, misalnya dengan memberikan produk yang mutunya lebih baik, harga yang lebih murah dan memiliki manfaat yang lebih bagi konsumennya. Kegiatan pembelian produk yang dilakukan konsumen melalui beberapa tahap proses pembelian. Sebagaimana pembelian terhadap produk Pond,s, keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh beberapa pertimbangan seperti produk, harga, promosi dan distribusi, maka berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengambil judul “ ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK POND’S PT. UNILEVER (Studi Pada Mahasiswa UNISBANK Semarang ) “ .
Penelitian mengenai variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3), distribusi (X4) serta variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y) mengambil 100 responden dengan taraf signifikan 5%, analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan uji t. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesa dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Persamaan regresi berganda diperoleh Y = 0,375 X1 + 0,266 X2 + 0,241 X3 + 0,340 X4. Berdasarkan persamaan tersebut produk, harga, promosi dan distribusi mempunyai nilai positif yang paling mendominasi pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah produk kemudian distribusi, harga dan promosi. Untuk koefisien determinasi sebesar 62,1% dapat dijelaskan oleh variabel produk, harga, promosi dan distribusi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Sedangkan 37,9% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar variabel yang diteliti misalnya inovasi produk, lingkungan dan pesaing.
Hasil analisis didapat mengenai orang memutuskan membeli produk Pond’s karena : Produk merupakan pengaruh yang terbesar dalam memutuskan untuk membeli Pond’s, karena produk Pond’ menghasilkan wajah tampak lebih putih dan cerah, kualitas produk Pond’s yang lebih baik dibandingkan dengan produk perawatan kecantikan kulit wajah yang sejenis, kemudahan mengajukan klaim atau keluhan tentang produk Pond’s dan kemasan yang memberikan daya tarik kepada konsumen. Harga juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Pond’s karena dapat terjangkau oleh konsumen, terdapat kesesuaian harga dengan manfaat yang diperoleh, harga lebih murah dibandingkan produk perawatan kecantikan kulit wajah yang sejenis dan harga standar dengan produk perawatan kecantikan kulit wajah. Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Pond’s karena dilakukan oleh sales promotion yang menarik, promosi sering muncul di media cetak dan elektronik, promosi dengan bintang iklan yang menarik serta promosi melalui pemberian hadiah yang menarik. Distribusi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Pond’s karena tersedianya produk Pond’s di pasar-pasar kemudian tersedia di supermarket-supermarket, toko dan warung serta kemudahan mendapatkan produk Pond’s di mana-mana. Dari keempat variabel produk, harga, promosi dan distribusi yang berpengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian adalah produk kemudian promosi, distribusi dan harga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar