Senin, 22 Oktober 2012

METODE RISET ANALISIS JURNAL 1

JURNAL 1

Judul : Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Kosmetik Pond’s di Malang
Pengarang : Murtioso Heri
Tahun : 2009

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Ponds Facial foam. Penelitian ini mempunyai 2 variabel, yaitu variabel independen (X) yang terdiri dari Merek (X1), Kualitas (X2), Kemasan (X3), Label (X4), dan Harga (X5), dan variabel dependen (Y) Keputusan Pembelian.
            Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Sastra Program Studi Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Malang, data diperoleh dengan menggunakan teknik kuesioner tertutup. Populasi dapat diketahui jumlahnya dengan menggunakan rumus Solvin, dari situ jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 60 orang.
Setelah dilakukan proses pengolahan data dan analisis regresi berganda diketahui hasil penelitian menyatakan (1) Merek, dari hasil analisis data diperoleh nilai 1 = 0,261; t hitung = 2,418; signifikan t = 0,019. Hal ini menunjukkan Merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) kualitas, dari hasil analisis data diperoleh 2 = 0,223; nilai t = 2,071; signifikan t = 0,043. Hal ini menunjukkan kualitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) Kemasan, dari hasil analisis data diperoleh 3 = 0,054; nilai t = 0, 420; signifikan t = 0,676. Hal ini menunjukkan Kemasan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) Label, dari hasil analisis data diperoleh 4 = 0,257; nilai t = 2,046; signifikan t = 0,046. Hal ini menunjukkan label berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (5) Harga, dari hasil analisis data diperoleh 5 = 0,314; nilai t = 2,765; signifikan t = 0,008. Hal ini menunjukkan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
            Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan secara parsial terdapat 4 variabel yang menunjukkan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu Merek, Kualitas, label dan Harga, sedangkan variabel Kemasan menunjukkan berpengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan Merek, Kualitas, Kemasan, Label, dan Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

 Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang telah diperoleh adalah :
 (1) Sebaiknya perusahaan selalu memperhatikan harga produk Ponds facial foam, hal tersebut didasarkan atas hasil temuan dari penelitian ini dimana variabel harga mempunyai pengaruh yang tinggi dalam penelitian ini, tetapi perusahaan juga tidak boleh mengesampingkan atribut-atribut lainnya dalam membuat produk diantaranya kualitas dll
(2) Dikarenakan persaingan dalam memasarkan suatu produk sangat ketat, sebaiknya perusahaan lebih memperhatikan kemasan agar nantinya kemasan lebih dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar