JURNAL
2
Judul
: Pengaruh Kualitas Produk Kosmetik Pond’s PT. Unilever Terhadap Keputusan
Pembelian Pelanggan Pada PT. Sanrio Swalayan di Mojokerto
Pengarang : Nisa Fitri Zumrotin
Tahun : 2009
Dalam Dunia yang semakin maju dan terus
berkembang, dapat diprediksi bahwa pola hidup masyarakat juga mengalami
perubahan yang cukup berarti. Produk kosmetik merupakan salah satu produk yang
memiliki beberapa macam merek, jenis, sampai jalur distribusi yang kian lama
kian bervariasi. Banyaknya produk kosmetik yang beredar di pasaran dengan
keunggulannya masing-masing, membuat posisi persaingan antar merek di pasar
menjadi begitu ketat. Hal ini membuat perusahaan kosmetik berlomba-lomba untuk memproduksi
kosmetik dengan berbagai keunggulan atau spesifikasi yang berbeda dengan produk
perusahaan lainnya untuk dapat menarik minat calon pembeli agar membeli produk
yang dihasilkan
Karena
itu penelitian ini bertujuan mengetahui variabel kualitas produk memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Pond’s pada PT.
Sanrio Swalayan Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif
yang
dilakukan di PT. Sanrio Swalayan Mojokerto tepatnya di area perkotaan Mojokerto.
Adapun sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan produk Pond’s yang
berjumlah 90 orang. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, observasi dan
dokumentasi. Sedangakan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi
sederhana dengan reliabilitas, validitas dan normalitas data, dan untuk menguji
seberapa besar pengaruhnya digunakan uji T.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas yaitu kualitas produk
terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan
nilai t hitung 13,387 ≥ t table 1,991 dan
nilai signifikannya 0.05. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa t hitung :
13,387
dan t tabel : 1,991 oleh karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Pada level signifikan 0,05 sehingga variabel kualitas produk memiliki pengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian.
Dari hasil penelitian ini bahwa kualitas
produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Karena apabila kualitas produk
tidak tercapai maka tidak akan ada keputusan pembelian produk Pond’s. Saran
yang dapat diberikan maka hendaknya harus lebih meningkatkan kualitas produk
sesuai dengan yang dijanjikan, yaitu mencipatakan suatu produk yang berkualitas
agar lebih banyak diminati oleh pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar